Sunday, March 2, 2014

Printer yang Dapat Membuat Sweater

Perkembangan teknologi printing kini sangat pesat bukan hanya printer 3D saja, namun juga terdapat printer yang mampu membuat sweater dalam waktu kurang dari satu jam. Printer ini didesain khusus untuk membuat sweater rajut yang juga dinamakan OpenKnit Printer.

OpenKnit Printer, gambar: psfk.com

OpenKnit Printer merupakan sebuah alat printing 3D gratis yang dikembangkan oleh Gerard Rubio dalam penggunannya untuk membuat sweater rajut seperti tampak pada gambar diatas.


Tak pernah terbayangkan sebelumnya, bahwa untuk membuat sebuah pakaian, bisa dilakukan dengan mencetaknya melalui teknologi printing tiga dimensi dan platform open-source yang disebut knitic.

Hasil Rajutan Open Source Knitting Machine
Gerard Rubio memiliki ide untuk platform open-source tersebut sebagai bagian dari tugas akhir di universitasSementara terbiasa dengan merajut pada awalnyadia segera mampu menggabungkanpengetahuan teknologi ke dalam printer 3DPerancang menjelaskan kepada media situs Ecouterre bahwa proyeknya tumbuh dari keinginannya untuk bereksperimenserta "berhibridisasi pada alat dan disiplin," yang akhirnya menjadi OpenKnit Printer.

Mesin Printing Knitic, gambar: knitic.com

Revolusi printer dalam dunia tekstil tersebut, kemungkinan dimasa mendatang akan menjadi sebuah inovasi yang banyak dicari oleh orang-orang dalam memproduksi pakaian sendiri terutama pakaian rajut atau kita sebut knit sweater.

Berikut adalah beberapa contoh hasil printing Open Source Knitting Machine karya Gerard dan kawan-kawan:

Hasil Printing: Sweater Rajut dan syal
Tantangan selanjutnya dari printer yang mengagumkan ini adalah membentuk pola warna yang beragam. Proyek tersebut membuat Gerard dan kawannya merasa ingin segera mewujudkannya, sehingga menjadi karya sempurna pengganti mesin tekstil dengan printer tekstil.

sumber

nama: Sheilla Difa
absen: 24
kelas: 97

No comments:

Post a Comment